Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Dan Harus Dihindari Blogger Pemula - Rasman Web

Hot

Recent Posts:

Post Top Ad

Minggu, 15 Januari 2017

Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Dan Harus Dihindari Blogger Pemula

Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Dan Harus Dihindari Blogger Pemula
Rasman.web.idKesalahan Yang Biasa Dilakukan Dan Harus Dihindari Blogger Pemula, banyak sekali sobat. mulai dari cara mereka ngeblog, seo dan lainnya. lalu apa saja kesalahan yang harus dihindari oleh para blogger pemula atau newbiew...???
Berikut ini beberapa tips untuk menghindari kesalahan yang umum dilakukan blogger pemula:
1. Tidak Mengenal Audiens Anda
Satu kesalahan paling umum yang dilakukan blogger adalah mereka tidak tahu siapa yang jadi target audiens. Mereka menciptakan konten tentang banyak hal tanpa menyadari apakah pembaca mau membacanya. Dan ini pun masih sering saya alami sobat.. Ada baiknya, ebelum mulai menulis, sobat harus punya gambaran yang jelas tentang siapa yang menjadi target pembaca sobat. Setelah itu, sobat juga perlu melakukan riset tentang apa yang ingin dibaca oleh pembaca sobat..
2. Inkonsistensi
Banyak blogger baru mulai dengan bersemangat dalam ngeblog, namun seiring berjalanannya waktu mereka mejadi, tidak sering blogging, tidak dekat dengan pembaca, atau menulis artikel sekenanya atau seenak hatinya saja. 
Mempertimbangkan banyaknya jumlah blogger dan konten yang menyerang kita setiap harinya, menjadi inkonsisten bisa jadi kesalahan yang sangat fatal bagi seorang blogger pemula sobat.. Pembaca akan lupa tentang Anda dengan cepat dan Anda akan kehilangan semua sumber traffic Anda selama ini.
3. Search Engine Optimisation
Ketika kita bicara tentang SEO, ada dua kelompok blogger berbeda, ada yang menulis hanya untuk kepentingan search engine saja, atau blogger yang tidak mempertimbangkan search engine sama sekali seperti saya sob. ya saya adalah tipikal orang yang tidak terlalu mementingkan search engine atau seo. namun Untuk kelompok pertama, menulis hanya untuk masuk peringkat bisa membuat posting malah tidak terbaca.


 Mengapa. ?

Karena hanya menggunakan kata kunci tidak membuat Anda masuk sejauh itu dalam SEO. Sebaliknya, bagi mereka yang sangat tidak mempertimbangkan SEO ketika menciptakan konten atau menulis, baik karena terlalu rumit atau mereka tidak menyadari perlunya strategi SEO bisa jadi nyaman bagi pembaca sobat.


Tapi intinya, sedikitnya sobat harus juga tau tentang seo dan mempelajarinya.
4. Tidak Memiliki Niche yang Kuat
Satu lagi kesalahan besar yang diperbuat blogger adalah menjadi semuanya bagi semua orang.  Artinya selama dia blogging, dia ingin mengisi blognya dengan banyak topik atau niche. Jadi intinya dia tidak memiliki Kata Kunci yang Kuat. Sebaiknya uasahakan semakin jelas dan terdefinisi misi blogging Anda sobat.Selain itu kembangkan juga niche yang fokus dan bernilai dan mempunyai kualitas.
Misalnya, bila blogger tentang perbankan tertarik dalam lead generation untuk pinjaman bisnis kecil, ia tidak perlu buang waktu dan energi mencoba menulis tentang pasar hipotek. Tapi ia perlu fokuskan energi pada niche dan topik menarik dalam pinjaman untuk bisnis kecil. Ini dimaksudkan untuk kekayaan topik yang lebih spesifik dan lebih menarik serta informatif bagi kelompok orang yang lebih kecil.
5. Mencakup Terlalu Banyak Topik
Seperti yang sudah saya jelaskan sobat, Tidak adanya Topik atau Niche yang kuat maka akan membuat blog kita menjadi terlalu banyak topik. Banyak blogger yang melakukan ini sob.

Masalahnya adalah lingkup blog bisa menjadi hilang dan mungkin tidak menarik bagi audiens atau pembaca. Mendefinisikan beberapa area kunci yang blog post akan cakup bisa dengan baik mengasah konten dan memfokuskan pengetahuan dan keahlian blogger tehadap suatu topik.
6. Tidak Berkomitmen pada Proses
Sudah banyak orang yang masuk ke dunia blogging dan mengira akan menerima dampak langsungnya bagi bisnis mereka. Visibilitas mesin pencari dan traffic akan meningkat, lalu mereka menerima banyak uang. 

Tapi tidak seperti iklan pay per click yang mudah nampak, membangun blog untuk menghasilkan butuh waktu dan usaha. Dan disinilah banyak tergiur orang untuk memulai dunia blogging, karena mereka tergiur dengan iming-iming pendapatan dari blog. 


Padahal menghasilkan uang dari blog itu tidak semudah membalikan telapak tangan sob. Sobat harus melewati proses yang lama dan membutuhkan kesabaran sob.
Ini artinya, sobat harus lebih dari sekedar menulis, Anda juga perlu menulis post yang kaya kata kunci dengan cara persuasif, judul yang menarik yang akan dibaca, dijadikan tautan, dan dibagikan ke media sosial.
7. Fokus pada Kuantitas Bukan pada Kualitas
Banyak sahabat blogger fokus pada kuantitas daripada kualitas dan ini adalah sebuah kesalahan besar sobat. Dewasa ini banyak blogger yang hanya mementingkan kuantitasnya untuk cepat menghasilkan daripada kualitasnya untuk memberikan informasi.

Jika sobat masih mementingkan kuantitas dari pada kualitas, maka terima sajalah apabila umur blog sobat hanya sebentar. Ini karena orang akan mulai bosan untuk mengunjungi blog sobat.
8. Tulisan yang Buruk
Tujuan blogger sama dengan penulis lainnnya, untuk memperoleh dan mempertahankan pembaca. Semakin banyak pembaca, semakin baik. Tapi ada satu cara yang membuat pembaca reguler dan potensial pergi, yaitu tulisan yang buruk.

Jadi intinya kita harus terus belajar untuk memperbaiki tulisan kita sobat. Seperti saya juga masih belajar dalam menulis ini agar menjadi penulis yang baik serta bisa berguna dan bermanfaat bagi orang lain.

Kesalahan ini tidak hanya membuat postingan sulit dan tidak enak dibaca, tapi juga membuat intinya sulit tersampaikan, dan akhirnya membuat pembaca mengaggap blogger tidak profesional. Nah loh.... Tentu tulisan yang baik lebih dari sekedar kalimat yang strukturnya benar dan telah diperiksa ejaannya. Tulisan yang bagus memiliki inti dan bisa diakses, dengan kata lain mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca.

Mungkin itu saja dari saya tentang Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Dan Harus Dihindari Blogger Pemula dalam membuat blog. Ini semua berasal dari pengalaman saya selama ngeblog sob.


3 komentar:

  1. ya,.. benar sekali gan, hampir smua pemula mengalami ini :)

    BalasHapus
  2. Poin nomor 2 mengenai inkonsistensi itu menurut saya yg sering menyerang para blogger, saya setuju dengan pendapat agan terkadang blogger hanya pada saat awal saja bersemangat kemudian seiring berjalan waktu semangatnya mulai padam..

    BalasHapus
  3. Komitmen dan fokus yang lebih membebani blogger pemula, cuma kalau sudah memang ada niat yang kuat pasti semua itu bakal terlewatkan dengan mudah kok

    BalasHapus

# Terima Kasih sudah membaca artikel saya....

# Silahkan berkomentar yang relevan dan sopan ya sob....

# maaf komentar ini saya Moderasi, karena saya ngak mau ada Spam sobat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Post Top Ad